iklan

Cara Membuat Kue Dongkal Mini / Kue Berkel (Kue Beras & Kelapa Isi Gula Merah)

Cara membuat kue dongkal (dodongkal) mirip dengan kue putu, keduanya sama sama dibuat dari tepung beras yang diberi isian gula merah lalu dikukus dan diberi taburan kelapa parut. Perbedaan kedua kue ini ada pada proses pengukusannya, kalau putu dicetak dalam potongan bambu kalau dongkal dalam anyaman bambu berbentuk kerucut. Jadi hasil akhirnya mirip nasi tumpeng. Kue dongkal adalah jajanan tradisional yang mulai sulit ditemui karena tergerus perkembangan jaman. Jika beruntung anda bisa menemuinya di daerah Jawa Barat seperti Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Kalau di daerah bandung dongkal dikenal dengan sebutan Awug.



Resep dodongkal tidaklah susah, karena kita hanya perlu mencampur bahan lalu mengukusnya saja. Jadi dari pada susah mencari pedagang kue dari tepung beras ini, lebih baik mencoba bikin sendiri di rumah. Hasilnya juga pasti enak dan tentunya hemat budget.

Cara Membuat Kue Dongkal


Bahan untuk resep dongkal yaitu tepung beras, kelapa parut, gula merah, sedikit garam dan vanili. Banyak yang menyarankan untuk mengiling beras menjadi tepung sesaat sebelum dimasak. Jadi hasilnya kue lebih pulen, mekar dan gurih.


Kue dongkal original memang berbentuk kerucut namun sebenarnya cetakan tidak banyak mempengaruhi rasa. Jadi anda bisa menggantinya dengan cetakan lain sesuai selera. Bisa dengan cetakan bolu, putu ayu dll.

Cara Membuat Kue Dongkal Sederhana namun Enak
Bahan:
  1. Tepung beras 150 gram
  2. Kelapa parut 150 gram
  3. Gula pasir sesuai selera
  4. Vanili bubuk ⅕ sdt
  5. Garam secukupnya
  6. Gula merah sesuai selera untuk isian dan taburan, sisir halus
  7. Kelapa parut untuk taburan
Resep Kue Dongkal:
  1. Untuk mendapatkan kue dengan tekstur sempurna disarankan menghaluskan beras sesaat sebelum diolah. Caranya mudah, cukup rendam beras dalam air selama 3 jam lalu tiriskan dan blender hingga lembut.
  2. Campurkan tepung beras, kelapa parut, gula pasir, vanili bubuk dan garam. Uleni hingga semua rata cukup menggunakan tangan. Untuk mendapatkan adonan yang terlihat ngrempel bisa ditambahkan sedikit air.
  3. Panaskan panci berisi dandang untuk mengkukus. Ambil cetakan lalu masukkan adonan tepung beras hingga mengisi setengah bagian, tambahkan gula merah yang telah disisir halus lalu tutup kembali dengan tepung beras. Ulangi sampai adonan habis kemudian kukus hingga matang.
Cara membuat kue dongkal telah selesai, tinggal penyajian saja. Angkat kue dari panci lalu tata di atas piring, selagi hangat taburkan gula merah dan kelapa parut yang telah dibumbui sedikit garam. Paling enak dimakan ketika cuaca dingin ditemani teh manis.

Perpaduan gurihnya tepung beras, manisnya gula merah dan parutan kelapa yang asin ini membuat lidah bergoyang. Tidak heran jika banyak yang kangen dengan makanan tradisional ini. Rasa dongkal sebenarnya tidak kalah dengan kue modern.
Sumber: dapur.website

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Kue Dongkal Mini / Kue Berkel (Kue Beras & Kelapa Isi Gula Merah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel