iklan

FSGI: Guru Harus Mementingkan Murid, Bukan Urusan Birokrasi

Puan Ingin Import Guru | Harian Halmahera

Selamat datang di merdekabelajar.my.id_Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim meminta guru lebih fokus terhadap kepentingan murid. Guru tak boleh lebih mementingkan urusan birokrasi.

"Guru itu harusnya menghamba pada kepentingan anak. Bukan kepentingan birokrasi. Agar berjalan, birokrasi di daerah juga harus di 'merdeka'-kan," kata Satriwan kepada Medcom.id, Senin, 6 April 2020.

Satriwan mengatakan esensi program merdeka belajar belum masuk ke daerah. Bahkan, dia masih menemukan guru di Jakarta yang belum memahami konsep merdeka belajar untuk urusan administrasi.

Ia mencontohkan kebijakan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat satu lembar. "Banyak guru kita yang terbebani. Padahal maksudnya kan konsepnya bapak ibu bikin RPP walaupun hanya satu lembar tidak apa-apa," jelasnya.

Persoalan administratif juga masih menjadi beban guru ketika melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kewajiban ini justru membuat konsentrasi guru mengajar murid dengan baik menjadi hilang.

"Jadi yang kecil-kecil ini harus diperhatikan hingga ke akarnya untuk menyelesaikan hal-hal administratif," ujarnya.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mampu meringankan beban administrasi guru. Sebab, beban administrasi bisa menghambat proses kegiatan belajar mengajar.

Sumber : https://www.medcom.id

Demikian berita terkini yang dapat merdekabelajar.my.id bagikan, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "FSGI: Guru Harus Mementingkan Murid, Bukan Urusan Birokrasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel