iklan

Resep Peyek Kacang Empuk dan Renyah

Peyek kacang merupakan camilan tradisional yang legendaris dan bisa ditemui dengan mudah di banyak wilayah di indonesia, terutama di pedesaan. Bahan baku yang murah dan sensasi kriuk yang ditawarkan membuat peyek satu ini sangat populer.



Tapi mendapatkan peyek kacang yang enak, empuk dan renyah ternyata tidak segampang yang saya kira. Banyak sekali penjual peyek kacang pinggir jalan yang peyeknya keras dan kadang alot. Mungkin karena murah jadinya binnya asal-asalan kali ya, hehe.

Teteeep! kalo mau puas kayaknya harus bikin sendiri kayaknya. Cara bikinnya cukup gampang. hanya saja bahan-bahan yang dibutuhkan ternyata lumayan banyak.

Bahan-bahan:

400 gram tepung beras
300 gram tepung
tapioka(kanji)
8 butir kemiri
7 butir bawang putih
6 lembar daun jeruk iris tipis
2 cm kunyit
2 butirt elur
2 bks masako
2 cm jahe
2 sendok teh ketumbar
1 sendok kecil garam
1 bks santan kara
1/4 kacang tanah potong jd 2
Cara membuat:

Siapkan wadah, lalu masukkan tepung tapioka, tepung beras, santan, garam, telor dan bumbu masako. Aduk semua bahan sampai rata.

Haluskan semua bumbu seperti kemiri, kunyit, bawang putih dan ketumbar. Setelah halus, masukkan ke adonan tepung tadi. Aduk sampai rata.

Terakhir masukkan irisan daun jeruk dan campur sampai rata. Jangan lupa untuk mengatur kekentalan adonan supaya tidak terlalu kental. Tambahkan sedikit air jika perlu.

Goreng peyek dengan cara ditempelkan di penggir wajan menggunakan sendok, seperti pada gambar di atas.

Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

Selesai! Gak sulit kan? Setelah peyek dingin bisa langsung dimasukkan toples dan ditutup dengan rapat.

Selamat mencoba yaaa..!

Share juga resep peyek ini ke teman bunda yang lain ?

4 Tips Membuat Rempeyek Enak dan Renyah Tahan Lama

Selain kerupuk, saya juga sering menyetok rempeyek di rumah. Karena digoreng tipis, maka rempeyek memiliki tekstur yang renyah dan garing. Jadi sangat cocok dijadikan teman ngemil atau makan nasi. Selain itu, rempeyek juga biasanya dicampur dengan teri atau kacang tanah, sehingga lebih gurih dan sedap. Meski sekilas cara pembuatan rempeyek itu terlihat mudah, tapi masih banyak lho yang gagal saat membuatnya.

Entah itu rempeyek kurang renyah atau terlalu berminyak. Agar anda tidak mengalami kegagalan serupa, yuk baca dulu tipsnya di bawah ini!

1. Perhatikan pemilihan tepung

Dalam pembuatan rempeyek, pemilihan tepung amat sangat mempengaruhi teksturnya. Untuk rempeyek, sebaiknya anda memilih tepung beras berkualitas baik dengan ciri warnanya yang putih, bersih, dan tidak bau apek. Hindari menggunakan tepung terigu karena biasanya tepung terigu menyerap banyak minyak sehingga tekstur rempeyek tidak akan renyah.

Jangan lupa juga untuk mengayak tepung beras terlebih dahulu untuk menyaring kotoran atau tepung yang menggumpal. Tepung beras juga bisa dicampur dengan sedikit pati agar teksturnya sedikit lebih keras dan tahan lama seperti tapioka/kanji atau maizena.

2. Perhatikan cara mencampur adonan

Saat membuat adonan rempeyek, anda harus benar-benar memperhatikan kekentalannya. Campur tepung dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, kencur, ketumbar, dan garam, lalu tuang air sedikit demi sedikit. Agar rempeyek bisa renyah dan tipis saat digoreng, pastikan anda membuat adonan dengan kekentalan sedang.

3. Perhatikan cara menggoreng adonan

Ini adalah poin yang sangat penting demi menciptakan rempeyek yang setipis mungkin. Saat anda akan menggorengnya, sebaiknya anda menuang adonan di permukaan wajan dengan gerakan melintang. Biarkan adonan tersebut mengalir sampai setipis mungkin. Siram-siram adonan tadi dengan minyak panas yang ada di sekelilingnya. Jangan lupa untuk menggunakan banyak minyak (deep frying) saat menggorengnya.

Selanjutnya, tunggu sampai rempeyek terlepas dengan sendirinya. Hindari menuang langsung adonan di tengah-tengah wajan karena hal tersebut hanya akan membuat rempeyek jadi berceceran dan terlepas dengan isiannya. Goreng rempeyek sampai berwarna kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan.

4. Tiriskan minyak pada rempeyek

Kadang meskipun anda sudah melakukan tips di atas, rempeyek masih saja menyerap banyak minyak. Untuk menyiasati hal tersebut, anda bisa menaruhnya di atas tisu dapur dan tunggu sampai minyaknya terserap. Setelah itu segera simpan rempeyek ke dalam wadah kedap udara dan tutup rapat. Dengan cara tersebut rempeyek bisa bertahan selama 2 mingguan.

Nah, itu dia tips membuat rempeyek yang renyah lama dan tidak berminyak. Dijamin deh jika anda mempraktekkan tips di atas dengan benar, anda bisa membuat rempeyek lezat. Berikut pilihan resep rempeyek praktis dan enak.

Sumber : kedaiberita.info

Belum ada Komentar untuk "Resep Peyek Kacang Empuk dan Renyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel