iklan

Berikut Cara Mudah Membuat Soal Online Untuk Siswa

gambar cara membuat soal online

Selamat datang di merdekabelajar.my.id_Proses belajar dari rumah merupakan kebijakan baru menteri pendidikan di era Corona. Dengan demikian guru tidak bertatap muka langsung dengan siswa dan proses dilakukan secara daring. Guru bisa menggunakan aplikasi online yang direkomendasikan kemendikbud untuk fasilitas belajar online. Jika anda membaca postingan saya sebelumnya, mungkin anda bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan situs belajar online di rumah yaitu Google classroom

Dengan adanya kegiatan belajar dari rumah ini tentunya akan memberikan pengalaman baru bagi guru dan siswa. Nah salah satu tugas yang bisa diberikan guru ke siswa selama home learning adalah latihan soal online. Guru bisa membuatnya secara mandiri melalui situs-situs penyedia yang ada di Internet.

Soal-soal online yang guru buat ini nantinya bisa digunakan untuk Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), bahkan untuk Penilaian Akhir semester (PAS) atau PAT. Tentunya dengan soal-soal online guru tidak perlu bertatap muka dengan siswa karena soal bisa dikerjakan secara daring melalui perangkat andorid maupun Komputer.

Guru bisa membuat soal online dengan Google drive, quiz creator, quipper dan sebagainya. Tapi kali ini guru-id akan memberikan tutorial mudah membuat soal online menggunakan jotform.com, Jika rekan-rekan guru tertarik dan ingin menambah pengetahuan baru, bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah,

#Langkah pertama : Pastikan anda sudah memiliki akun google gmail dan sudah login terlebih dahulu.

#Langkah kedua : klik link berikut untuk mulai membuat soal online : https://www.jotform.com/

#Langkah ketiga : pada laman berikutnya arahkan kursor ke pojok kanan atas, kemudian pilih menu LOGIN dan pilih "LOgin with Google"

gambar cara login jotform



#Langkah Keempat : klikm tombol "Create a Form" di laman selanjutnya klik "Star From SCrath" dan pilih "Classic Form"

#Langkah Kelima : Klik tombol "Add form Element" kita akan membuat user dan password login siswa. caranya klik "fULL nAME", KEMUDIAN drag kesebelah kanan dibawah form heading. untuk melakukan setting klik tombol properties. Pada form Question Text isikan judul form, sedangkan pada Sublabels bisa diganti sesuai keinginan misal "nama peserta dan NISN"

#Langkah Keenam : untuk mulai membuat soal ulangi kembali "langkah kelima" Selanjutnya pilih menu "TEXT" dan DRAG ke kanan. Pada form yang tersedia mulailah membuat soal di dalam form yang tersedia. soal bisa anda copas dari file yang sudah diketik ke word.

#Langkah ketujuh :Klik tombol "Add form Element" Pilih menu "Long text entri" untuk menempatkan Pilihan Jawaban. anda juga bisa menggunakan menu multiple choice.

#Langkah kedelapan untuk menambah soal baru klik text "ADD NEW PAGE HERE" dan ulangi kembali langkah keenam dan ketujuh seperti yang telah dituliskan.

#Langkah kesembilan Setelah soal semuanya telah dibuat, silahkan klik menu setting. pada form setting pilih email, kemudian anda bisa mengklik tombol + untuk menambah email, fungsinya adalah untuk melihat siswa yang sudah mengerjakan tugas nanti pemberitahuan akan masuk ke email

#Langkah kesepuluh klik menu publish, pada DIRECT LINK OF YOUR FORM klik copy link dan bagikan link tersebut ke siswa agar siswa bisa mengerjakannya. Nah bagi guru yang sudah mempunyai website atau blog bisa menggunakan menu Embed untuk mengambil kode html dan tinggal di paste ke laman blog anda.

gambar cara buat soal online

Tutorial Membuat Soal Online
Untuk mempermudah rekan-rekan guru, berikut adalah langkah-langkah membuat soal online yang saya tuliskan diatas melalui mode visual sehingga akan lebih mudah dipahami.

Untuk melihat contoh soal Online yang sudah saya buat, silahkan rekan-rekan guru klik link berikut : MULAI LATIHAN. Caranya isikan nama siswa dan kelas sesuai keinginan anda, kemudian jawab soal dan klik tombol submit jika sudah selesai.

Hasil jawaban siswa nanti akan masuk ke email anda, atau bisa dilihat melalui link berikut : CEK JAWABAN

Semoga Bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Berikut Cara Mudah Membuat Soal Online Untuk Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel